Selasa, 05 April 2016

Wana Wisata Waduk Bening Widas



WADUK BENING WIDAS

Bendungan atau waduk Bening Widas, terletak di perbatasan Kabupaten Madiun dan Kabupaten Nganjuk, tepatnya di dusun Petung, desa Pajaran, Kecamatan Sadaran, 40 km dari kota Madiun. Selain berfungsi sebagai bendungan untuk keperluan Pembangkit Listrik Tenaga Air, bendungan ini juga berfungsi sebagai obyek wisata. Di sini, pengunjung bisa menikmati waktu dengan memancing, canoing, dan berkemah. Waduk ini merupakan bagian dari Daerah Aliran Sungai Brantas dan bagian dari pengelolaan Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH). Dengan suasana alam yang masih alami dan areal yang luas, Bendungan Bening kerap kali diadakan kegiatan Pramuka karena memang lokasi di Bendungan Bening cukup representatif untuk melakukan kegiatan perkemahan.
Patung manusia berkepala Badak
Pada tahun 1991 ikon Visit Indonesia adalah Badak Bercula Satu, maka dibangunlah patung manusia berkepala Badak memakai selendang bertuliskan Visit Indonesia Year 91 di dekat taman wisata waduk bening widas sebagai ikon memperkenalkan pariwisata Indonesia.


Waduk Widas
Selain sebagai taman rekreasi, Waduk Bening ini juga sebagai tempat menampung air hujan. Maka jangan heran ketika musim penghujan,waduk ini akan dipenuhi air, namun ketika musim kemarau air waduk akan surut dan terkadang dimanfaatkan sebagai lahan pertanian atau ladang oleh warga sekitar.

Mancing Mania
Pengunjung yang datang ke Waduk Bening bebas memancing dan membawa pulang ikan  hasil memancing. Di kawasan wisata Waduk Widas ini juga terdapat kios yang menjual peralatan memancing beserta umpannya.
Untuk tarif masuk taman wisata Waduk Bening Saradan ini relatif terjangkau. Satu sepeda motor dengan dua penumpang biasanya dikenakan biaya Rp.7.000.000. Untuk Mobil Rp.11.000.000. Namun bila Anda Hoby memancing dan sudah berlangganan masuk tempat pemancingan di waduk Saradan ini, Anda bisa mendapatkan diskon khusus.
 
Rute perjalanan
Dari pusat kota Madiun, perjalanan memakan waktu sekitar 1 - 1,5 jam menggunakan kendaraan umum. Jalanan menuju ke Waduk Bening Widas Madiun termasuk sangat mudah dijangkau berbagai jenis kendaraan mulai dari sepeda, sepeda motor, mobil bribadi, sampai bis atau truk karena semuanya sudah beraspal baik dan berada di lokasi yang dekat dengan jalan raya Madiun - Nganjuk, tepatnya di kawasan hutan jati Saradan.Jika anda dari arah Nganjuk, tidak perlu sampai ke pusat kota Madiun lebih dulu. Begitu memasuki kawasan hutan jati Saradan, anda bisa langsung mengikuti petunjuk di tepi jalan yang akan memandu anda sampai ke Waduk Bening Widas Madiun. Bagi yang tidak membawa kendaraan pribadi, banyak kendaraan umum yang bisa anda gunakan menuju tempat wisata ini. Semua bis mini ataupun bis besar ke arah Madiun - Nganjuk atau Surabaya (dan dari arah sebaliknya) akan melewati Waduk Bening Widas Madiun. Namun, dari pintu gerbang waduk anda masih perlu berjalan kaki sekitar 500 m untuk sampai ke tempat pemancingan dan kawasan waduk utamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar